Rabu, 26 April 2023

KELAS CERDAS

#Kelas Cerdas

Sadar Akan Pentingnya Perlindungan Jaminan Sosial: 

    Mendengar kata BPJS mungkin kamu berpikir Ah.. itu gak penting untuk saya. Karena Kamu yang ada dipikiran mu hanyalah BPJS kesehatan yang mungkin kamu merasa tidak pernah merasakan manfaatnya. Namun pada kenyataanya, BPJS tidak sesepele dan REMEH yang kamu pikirkan terlebih khusus pada BPJS KETENAGAKERJAAN. Banyak orang yang acuh tak acuh dan bahkan tidak menganggap penting hal ini  karena mereka masih merasa kuat, sehat dan selamat ini merupakan mindset yang salah.  

    Jika anda merasa bahwa saat ini anda memang masih kuat,sehat dan selamat apakah anda pernah memikirkan apa yang akan terjadi nanti, besuk atau lusa?  maka anda harus melakukan tindakan untuk melindungi diri dari bahaya dan resiko terutama resiko pekerjaan yang bisa menimpa diri kita kapan saja dan di mana saja. Untuk itu anda harus dengan penuh kesadaran berapa pentingnya perlindungan Jaminan sosial bagi diri anda dan keluarga anda hanya dengan merubah mindset atau cara berpikir soal Jaminan Sosial itu sendiri dengan cara mendaftarkan diri anda sebagai PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN atau BPJAMSOSTEK. Seperti apa sih mindset yang perlu diterapkan? 

Simak pembahasannya di bawah ini!


1. MENJADI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN BUKANLAH BEBAN 

    Menjadikan peserta BPJAMSOSTEK bukan sebagai beban merupakan mindset yang paling berat diterapkan. Karena bagaimanapun kamu akan merasa terbebani saat harus menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk hal tidak bisa kamu rasakan manfaatnya saat itu juga. Berbeda dengan saat kamu mengeluarkan uang untuk shopping atau jalan-jalan.

    Pertama-tama, kamu tak perlu terlalu memaksakan diri dan menghentikan semua hal yang kamu sukai demi Perlindungan Diri. Ketahui manfaat yang besar untuk anda dan keluarga anda dan untuk tetap melakukan hal yang kamu sukai. Cara berpikir seperti ini akan membuat kamu tidak terbebani dengan kebiasaan membayar iuran kepesertaan anda.. 

    Terapkan kebiasaan menyisihkan sedikit uang secara pelan-pelan, sampai menjadi kebiasaan. Dengan demikian secara perlahan mindset-mu akan berubah dengan sendirinya, dari yang tadinya merasa bahwa membayar iuran itu sebagai beban, sekarang membayar iuran menjadi kebiasaan dan kebutuhan. 


2. GAYA HIDUP SEDERHANA SESUAI KEMAMPUAN EKONOMI 

    Manfaat jaminan sosial BPJamsostek memang tidak bisa kita rasakan seketika. Tapi, ada satu yang lebih bisa kita kontrol, yaitu gaya hidup. Agar anda bisa membayar iuran secara teratur tanpa merasa terbebani, anda bisa menyesuaikan gaya hidup anda dengan pola hidup sederhana. Atau dengan kata lain sisihkan sedikit budget untuk hal-hal yang hanya bersifat hiburan. 

    Misalnya, mengurangi  kebiasaan hangout bersama teman-teman  setiap akhir pekan atau tidak membeli barang branded dan menggantinya dengan barang biasa yang fungsinya sama.


3. KONTROL EGO

    Ego yang menyebabkan Anda tidak menyadari betapa pentingnya Jaminan Sosial yang melindungi anda dari resiko kerja anda dan keluarga Anda bahkan ingin menunjukan bahwa “aku punya banyak uang, sehat” sehingga tidak pernah berpikir bahwa resiko itu akan datang menghampirinya terlebih lagi dengan resiko kematian cuma tidak diketahui kapan dan dimana. 

    Kebiasaan ini justru membuat kamu menganganggap jaminan sosial ketenagakerjaan tidak penting bagi anda dan keluarga anda. Coba kontrol ego dan buang mindset YOLO (You Only Live Once /Kamu hanya hidup sekali ) untuk setiap keinginan. 

    Justru Hidup hanya sekali ini perlu anda pikirkan untuk masa depan anda dan keluarga anda melalui program kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan / BPJamsostek dengan Program Jamina Hari tua untuk kelangsungan hidup dimasa yang akan datang terlebih saat anda atau pun keluarga anda benar-benar membutuhkannya.


4. MENGALIHKAN RISIKO

    Mindset selanjutnya yaitu cobalah berpikir bagaimana agar diri anda dan keluarga anda jika mengalami musibah ada yang menjaminnya tentu harus dengan cara mengalihkan RISIKO dengan cara mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jangan terpaku pada instrumen Asuransi-asuransi swasta yang kemungkinan besar bisa terjadi Pailit sehingga tidak mampu memberikan hak-hak anda.                 

    Dengan mendaftar sebagai peserta BPJamsostek dan mengikuti 3 Program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK ), Jaminan Kematian ( JKM ), dan Jaminan Hari Tua ( JHT ) khususnya bisa jadi imbal hasilnya lebih besar. Mendaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan  lebih aman, mudah dicairkan dan tidak terlalu terpengaruh inflasi karena optimalisasi dana diambil dari APBN.


5. MENJADI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN DEMI KELUARGA.

    Mindset ini mungkin  berlaku khusus bagi kamu yang sudah berkeluarga dan membangun rumah tangga. Ketika sudah memiliki keluarga dan anak, kamu harus mulai memikirkan bagaimana kondisi mereka di masa depan. Apakah mereka akan bahagia atau sengsara? 

    Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan khususnya program Jaminan hari Tua ( JHT ) untuk masa depan keluarga bisa memotivasi anda untuk lebih konsisten dan semangat menyisihkan uang setiap bulan untuk membayar iuran secara tepat waktu dan teratur.


6. INGAT MASA DEPAN.

    Ingat, menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah proses panjang dan berkelanjutan. Mungkin dampaknya tidak dirasakan saat ini, tapi coba buat mindset bahwa program-program BPJS Ketenagakerjaan khususnya Jaminan Hari Tua adalah untuk kebaikan masa depan. Tidak ada yang bisa menjamin kehidupan anda di masa depan kecuali diri anda sendiri.

        Dengan memutuskan menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan maka anda telah memutuskan menjamin kehidupan anda dimasa depan melalui Jaminan Sosial.


7. KAPAN WAKTU TERBAIK MENJADI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN?

        Kapan waktu terbaik untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan? waktu terbaik untuk memulai menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah sekarang juga. Sebab kepesertaan idealnya dilakukan dalam jangka panjang. Karena itu, biasanya peserta yang sudah lama mendaftar akan memiliki mindset saldo Jaminan Hari Tua untuk jangka panjang dan menyadari semakin lama menjadi peserta Program Jaminan Hari tua tentunya semakin besar saldo yang dimiliknya.


Dari 7 mindset di atas, mana mindset yang paling sulit kamu terapkan? 

Diskusi di kolom komentar yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Program Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan

  Tahukah kamu jika BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan bantuan finansial ketika peserta pensiun serta bantuan sosial ketika peserta...